Komunikasi dalam Organisasi

Minggu, 08 Januari 2012

soal : 2. Jelaskan komunikasi dalam organisasi (Pengertian, unsur2nya, cara penyaluran ide melalui komunikasi, hambatan2nya dan klasifikasi komunikasi dalam organisasi.

KOMUNIKASI
Pertukaran gagasan di antara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yang khas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan dapat berjalan. Empat Dimensi Komunikasi organisasi

Goldhaber (1986) memberikan definisi komunikasi organisasi sebagai berikut. “Organizational communication is the process of creating and exchanging messages within a network ofinterdependent relationship to cope with environmental uncertainty”. Atau dengan kata-kata lain komunikasi organisasi adala proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah.
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
komunikasi mengandung 5 unsur, yaitu :
*  Komuniakator (communicator), yaitu memberi berita, yang dalam hal ini adalah orang yang
   berbicara, pengirim berita atau orang yang memberitakan.
*  Menyampaikan berita, dalam hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatakan, mengirim atau
   menyiarkan.
*  Berita-berita yang disampaikan (message), dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran.
*  Komunikan (communicate), yaitu orang yang dituju, pihak penjawab atau para pengunjung. Dengan
   kata lain orang yang menerima berita.
*  Tanggapan atau reaksi (response), dalam bentuk jawaban atau reaksi.

Kelima unsure komunikasi tersebut (Komuniakator, Menyampaikan berita, Berita-berita yang disampaikan, Komunikan dan Tanggapan atau reaksi) merupakan kesatuan yang utuh dan bulat, dalam arti apabila satu unsure tidak ada, maka komunikasi tidak akan terjadi. Dengan demikian masing-masing unsur saling berhubungan dan ada saling ketergantungan. Jadi dengan demikian keberhasilan suatu komunikasi ditentukan oleh semua unsure tersebut.



Bagaimana menyalurkan ide melalui komunikasi

·         Ide (Gagasan) ; si sender.
·         Perumusan. disini ide si sender disampaikan dalam kata kata.
·         Penyaluran (transmiting). bisa lisan, tertulis, menggunakan simbol atau isyarat.

feedbacknya:

·         tindakan; misalnya perintah dilaksanakan.
·         pengertian; disini kata kata si sender menjadi ide si receiver.
·         penerimaan; oleh si penerima berita.

Hambatan - hambatan komunikasi

·         Hambatan yang bersifat teknis
·         Hambatan semantik
·         Hambatan perilaku

Klasifikasi Komunikasi dalam Organisasi

1. Dari segi sifatnya :
·         Komunikasi Lisan
·         Komunikasi Tertulis
·         Komunikasi Verbal
·          Komunikasi Non Verbal

2. Dari segi arahnya
·         Komunikasi Ke atas
·         Komunikasi Ke bawah
·         Komunikasi Diagonal Keatas
·         Komunikasi Diagonal Kebawah
·         Komunikasi Horizontal
·         Komunikasi Satu Arah
·         Komunikasi Dua Arah

3. Menurut Lawannya :
·         Komunikasi Satu LawanSatu
·         Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
·         Kelompok Lawan Kelompok

4. Menurut Keresmiannya :
·         Komunikasi Formal
·         Komunikasi Informal

Komunikasi Informal yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi.
Komunikasi informal (the grapevine) biasanya disebarluaskan melalui desas-desus atau kabar angin dari mulut kemulut dari satu orang ke orang yang lainnya dalam suatu organisasi dimana kebenarannya tidak bisa dijamin karena kadang-kadang bertentangan dengan perusahaan.
Jadi agar komunikasi informal bisa bermanfaat maka seseorang pemimpin harus bisa memakai jalur ini untuk memperlancar berjalannya komunikasi formal perusahaan (komunikasi formal ini jangan sampai mengakibatkan timbulnya desas-desus yang meresahkan karyawan).

Komunikasi dalam organisasi pada dasarnya merupakan suatu kegiatan intern didalam organisasi.Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik apabila arusinformasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan. Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh karena itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi.

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_organisasi

0 komentar:

Posting Komentar

Pages