Tulisan 7 softkills Bahasa Indonesia 2 semester 6

Senin, 22 April 2013


Latihan Sit Up Tidak Mengecilkan Perut


Banyak orang berpikir sit up adalah cara mengecilkan perut yang tepat. Namun tahukah Anda bahwa ternyata sit up tidak bisa mewujudkan harapan atau impian Anda akan perut rata seperti para selebritis. Memang latihan sit up menggunakan dan berfokus pada otot perut tetapi karena hanya menggunakan otot perut yang merupakan bagian kecil dari tubuh sehingga pembakaran lemak / kalori yang terjadi juga kecil.
mengecilkan perutSit up merupakan olahraga untuk melatih dan mengencangkan otot perut sehingga tidak fokus dalam pembakaran lemak di tubuh. Perlu diketahui pembakaran lemak danpembentukan otot merupakan dua hal yang berbeda. Untuk otot, Anda bisa mengatur bagian mana yang akan Anda kembangkan. Hal ini berbeda dengan lemak. Tubuh memiliki sistem sendiri untuk mengatur penyebaran dan pembakaran lemak. Dengan adanya sistem ini, Anda tidak bisa menganggap bahwa latihan sit up memang salah satu cara mengecilkan perut. Dengan sit up, Anda bisa membentuk otot perut namun belum tentu perut buncit Anda akang kempes. Hal ini dikarenakan pembakaran lemak yang dikit dan lemak yang pertama kali dibakar oleh tubuh ternyata bukan di perut. Jadi boleh dibilang sekarang mitos: mengecilkan perut dengan sit up telah dipatahkan.
Seperti yang dilansir dari buku The New Rules of Lifting for Abs yang ditulis oleh Lou Schuler dan Kompas Online Indonesia, sit up bukanlah latihan mengecilkan perut buncit yang efektif karena pembakaran lemak yang terjadi sangat kecil. Menurut Lou Schuler masih banyak latihan lain yang lebih efektif dan tidak buang-buang waktu. Latihan yang disarankan Lou Schuler adalah latihan yang dapat:
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Melatih lebih dari satu otot (tidak hanya otot perut seperti sit up)
  • Menstabilkan tulang belakang dan panggul
  • Membakar lemak / kalori lebih banyak
Semakin  banyak lemak yang dibakar semakin cepat pula lemak di perut hilang. Perlu diingat bahwa pengurangan lemak di tubuh dilakukan oleh sistem tubuh secara bertahap jadi bisa saja lemak di lengan dan paha hilang terlebih dahulu baru bagian perut.

Cara Mengecilkan Perut Yang Baik

Lou Schuler menyarankan setidaknya 3 cara mengecilkan perut yang dapat dilakukan di rumah. Berikut 3 latihan / olahraga yang disarankan:
Plank Side – cara melakukan olahraga ini  adalah
plank-side
  • Berbaring menyamping dengan siku tangan kiri sebagai tumpuan sedangkan tangan kanan tetap disisi tubuh bagian pinggul kanan.
  • Angkat tubuh dari lantai dengan kekuatan siku tangan kiri dan ditumpuk dengan kaki sehingga tubuh membentuk garis diagonal.
  • Tahan posisi selama 30 – 45 detik. Jika belum sanggup selama itu, tahan selama mungkin yang Anda bisa lalu ulangi sampai And bisa menahannya selama minimal 30 detik.
  • Setelah sisi kiri selesai, ganti sisi kanan berarti sekarang balik badan dan sanggah tubuh dengan siku kanan lalu angkat.
  • Lakukan secara rutin dan kedua sisi harus sama waktunya.
http://artikelinformasi.com/latihan-sit-up-tidak-mengecilkan-perut/

0 komentar:

Posting Komentar

Pages